Pendukung
Manchester United terkenal sebagai klub sepak bola paling populer di
dunia, dengan salah satu yang tertinggi rata-rata kehadiran kandang di
Eropa.
Klub menyatakan bahwa basis penggemar di seluruh dunia termasuk lebih
dari 200 cabang yang diakui secara resmi dari Manchester United Suporter
Club (MUSC), di setidaknya 24 negara.
Klub ini mengambil keuntungan dari dukungan ini melalui tur musim panas
di seluruh dunia. Perusahaan akuntansi dan industri olahraga konsultan
Deloitte memperkirakan bahwa Manchester United memiliki 75 juta
penggemar di seluruh dunia, sementara perkiraan lain menempatkan angka
ini mendekati 333 juta.
Sponsor
Dalam lima tahun pertama kesepakatan senilai £ 500.000, Sharp menjadi sponsor kostum pertama klub pada awal musim 1982-1983, hubungan yang berlangsung hingga akhir musim 1999-2000, ketika Vodafone
menyetujui empat tahun, £ 30.000.000 kesepakatan. Vodafone setuju untuk
membayar £ 36.000.000 untuk memperpanjang kesepakatan dengan empat
tahun, tapi setelah dua musim memicu istirahat klausul dalam rangka
untuk berkonsentrasi pada sponsor dari Liga Champions.
Untuk memulai pada awal musim 2006-07, perusahaan asuransi Amerika AIG
menyetujui empat tahun £ 56.500.000 kesepakatan yang pada bulan
September 2006 menjadi yang paling berharga di dunia. Pada awal musim
2010-11, perusahaan reasuransi Amerika Aon menjadi sponsor utama klub
dalam kesepakatan empat tahun terkenal sebagai bernilai sekitar £ 80
juta, sehingga yang paling menguntungkan kesepakatan sponsorship kaus
dalam sejarah sepak bola. Manchester United mengumumkan kostum sponsor
pelatihan pertama mereka pada bulan Agustus 2011, menyetujui kontrak
empat-tahun dengan DHL yang dilaporkan senilai £ 40.000.000, dan
diyakini menjadi contoh pertama dari kostum berlatih dengan sponsor
dalam sepak bola Inggris.
Produsen kostum pertama klub adalah Umbro, sampai kontrak lima tahun disepakati dengan Admiral Sportswear pada tahun 1975. Adidas
menerima kontrak pada tahun 1980, sebelum Umbro mulai mantra kedua pada
tahun 1992. Sponsorship Umbro yang berlangsung selama sepuluh tahun,
diikuti dengan memecahkan rekor £ 302.900.000 kesepakatan Nike yang akan
berlangsung sampai dengan tahun 2015, 3,8 juta replika kaos yang dijual
di 22 bulan pertama dengan perusahaan. Selain Nike dan Aon, klub juga memiliki beberapa tingkat rendah "platinum" sponsor, termasuk Chevrolet dan Budweiser.
Pada tanggal 30 Juli 2012, United menandatangani kontrak tujuh tahun
dengan perusahaan otomotif Amerika General Motors, yang akan
menggantikan Aon sebagai sponsor kaos dari musim 2014-15. di baru $ 80
juta kesepakatan kostum setahun bernilai $ 559 juta lebih dari tujuh
tahun dan akan menampilkan logo dari General Motors merek Chevrolet.
Dan pada tanggal 15 Juli 2014, United mengumumkan rekor 10 tahun
kontrak seragam senilai £ 750 juta atau setara Rp 15 triliun dengan
aparel raksasa Jerman, Adidas
yang dahulu pernah menjalin kerja sama pada akhir 1980-an hingga awal
1990-an. Kepastian ini mengakhiri hubungan kemitraan United dengan Nike
yang sudah berjalan selama 13 tahun. Dengan demikian, jersey United
yang dipakai musim 2014/15 menjadi yang terakhir menggunakan produk
aparel asal Amerika Serikat itu sebelum berganti musim berikutnya.
Kontrak United tersebut mematahkan kontrak senilai £ 248 juta untuk durasi 8 tahun antara Adidas dan raksasa Spanyol, Real Madrid, serta kesepakatan £ 30 juta selama 5 tahun antara aparel asal Jerman lainnya, Puma dengan klub asal kota London, Arsenal.
Sumber: Wikipedia
Sumber: Wikipedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar