Translate This

Rabu, 17 Juni 2015

Pendukung dan Sponsor

Pendukung

Manchester United terkenal sebagai klub sepak bola paling populer di dunia, dengan salah satu yang tertinggi rata-rata kehadiran kandang di Eropa. Klub menyatakan bahwa basis penggemar di seluruh dunia termasuk lebih dari 200 cabang yang diakui secara resmi dari Manchester United Suporter Club (MUSC), di setidaknya 24 negara. Klub ini mengambil keuntungan dari dukungan ini melalui tur musim panas di seluruh dunia. Perusahaan akuntansi dan industri olahraga konsultan Deloitte memperkirakan bahwa Manchester United memiliki 75 juta penggemar di seluruh dunia, sementara perkiraan lain menempatkan angka ini mendekati 333 juta.

Dalam lima tahun pertama kesepakatan senilai £ 500.000, Sharp menjadi sponsor kostum pertama klub pada awal musim 1982-1983, hubungan yang berlangsung hingga akhir musim 1999-2000, ketika Vodafone menyetujui empat tahun, £ 30.000.000 kesepakatan. Vodafone setuju untuk membayar £ 36.000.000 untuk memperpanjang kesepakatan dengan empat tahun, tapi setelah dua musim memicu istirahat klausul dalam rangka untuk berkonsentrasi pada sponsor dari Liga Champions.

Untuk memulai pada awal musim 2006-07, perusahaan asuransi Amerika AIG menyetujui empat tahun £ 56.500.000 kesepakatan yang pada bulan September 2006 menjadi yang paling berharga di dunia. Pada awal musim 2010-11, perusahaan reasuransi Amerika Aon menjadi sponsor utama klub dalam kesepakatan empat tahun terkenal sebagai bernilai sekitar £ 80 juta, sehingga yang paling menguntungkan kesepakatan sponsorship kaus dalam sejarah sepak bola. Manchester United mengumumkan kostum sponsor pelatihan pertama mereka pada bulan Agustus 2011, menyetujui kontrak empat-tahun dengan DHL yang dilaporkan senilai £ 40.000.000, dan diyakini menjadi contoh pertama dari kostum berlatih dengan sponsor dalam sepak bola Inggris.


Produsen kostum pertama klub adalah Umbro, sampai kontrak lima tahun disepakati dengan Admiral Sportswear pada tahun 1975. Adidas menerima kontrak pada tahun 1980, sebelum Umbro mulai mantra kedua pada tahun 1992. Sponsorship Umbro yang berlangsung selama sepuluh tahun, diikuti dengan memecahkan rekor £ 302.900.000 kesepakatan Nike yang akan berlangsung sampai dengan tahun 2015, 3,8 juta replika kaos yang dijual di 22 bulan pertama dengan perusahaan. Selain Nike dan Aon, klub juga memiliki beberapa tingkat rendah "platinum" sponsor, termasuk Chevrolet dan Budweiser.

Pada tanggal 30 Juli 2012, United menandatangani kontrak tujuh tahun dengan perusahaan otomotif Amerika General Motors, yang akan menggantikan Aon sebagai sponsor kaos dari musim 2014-15. di baru $ 80 juta kesepakatan kostum setahun bernilai $ 559 juta lebih dari tujuh tahun dan akan menampilkan logo dari General Motors merek Chevrolet.

Dan pada tanggal 15 Juli 2014, United mengumumkan rekor 10 tahun kontrak seragam senilai £ 750 juta atau setara Rp 15 triliun dengan aparel raksasa Jerman, Adidas yang dahulu pernah menjalin kerja sama pada akhir 1980-an hingga awal 1990-an. Kepastian ini mengakhiri hubungan kemitraan United dengan Nike yang sudah berjalan selama 13 tahun. Dengan demikian, jersey United yang dipakai musim 2014/15 menjadi yang terakhir menggunakan produk aparel asal Amerika Serikat itu sebelum berganti musim berikutnya.

Kontrak United tersebut mematahkan kontrak senilai £ 248 juta untuk durasi 8 tahun antara Adidas dan raksasa Spanyol, Real Madrid, serta kesepakatan £ 30 juta selama 5 tahun antara aparel asal Jerman lainnya, Puma dengan klub asal kota London, Arsenal.

Sumber: Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar