Translate This

Minggu, 21 Juni 2015

Dari Robin van Persie hingga Angel Di Maria, berikut sepuluh pemain berbanderol mahal yang pernah ditebus Manchester United

 
Sudah tidak asing lagi untuk mengatakan bila Manchester United merupakan salah satu klub paling disegani di dunia. Sejak awal berdiri, tim yang bermarkas di Old Trafford itu memiliki orientasi untuk menjadi yang terbaik.


Adapun pasca kemunculan Class of ’92 yang mengguncang dunia, bisa dikata kubu Setan Merah kini telah beralih filosofi dari mengembangkan bakat muda menjadi membeli pemain jadi untuk menunjang prestasi guna bersaing secara instan.

ADVERTISING

Dari transfer Robin van Persie hingga yang terkini Angel di Maria, berikut Goal Indonesia hadirkan sepuluh pembelian mahal yang pernah dilakukan United.

10. Robin Van Persie

 

Robin van Persie sempat dibanjiri kritikan dari fans Arsenal menyusul kepindahanya ke Old Trafford sebesar £24 juta di musim panas 2012. Kepergiannya itu berbuah manis seiring kesuksesan United dalam merengkuh gelar Liga Primer Inggris ke-20 di akhir kompetisi selagi Van Persie yang mencetak 26 gol. Terlepas performanya yang brilian di musim perdana, pensiunnya Sir Alex Ferguson membuat ia kehilangan sentuhan serta faktor cedera yang kerap mengganggunya di gelaran kemarin.

9. Wayne Rooney

 


United melakukan pembelian yang cerdas dengan mendatangkan Wayne Rooney muda dari Everton senilai £25,6 juta pada musim panas 2004. Kini, pria asal Inggris itu baru saja memulai musimnya yang ke-11 sebagai pemain Manchester United dan diserahi jabatan kapten penuh untuk kali pertama.

Selama waktunya di Theatre of Dreams, Rooney mampu mempersembahkan lima gelar Liga Primer, dua gelar Piala Liga, tiga gelar Community Shield, satu gelar Liga Champions dan satu gelar Piala Dunia Antarklub. Dari prestasinya yang gemilang tersebut, satu-satunya trofi yang ia lewatkan adalah Piala FA yang sampai sekarang belum mampu ia wujudkan.

8. Marouane Fellaini

 

Sejumlah fans United mengklaim Marouane Fellaini adalah pelengkap kegagalan era David Moyes. Seperti diketahui, sang mantan manajer itu mendatangkan pria kribo tersebut dengan tebusan mencapai £27,5 juta dari klub lamanya, Everton. Memang ada beberapa simpati untuk Fellaini di musim baru, meski banyak pula yang menganggapnya sebagai rekrutan gagal.

7. Juan Sebastian Veron


Contoh lain dari fenomena ‘hebat di luar negeri, tapi kurang maksimal di Inggris’. Itulah gambaran untuk Juan Sebastian Veron yang membuat United mengeluarkan uang sejumlah £28,1 juta di musim panas 2001. Didatangkan dari klub raksasa Italia, Lazio, Veron justru tidak mampu mereplika performanya terdahulu hingga akhirnya dilego ke Chelsea seharga £15 juta dua tahun berselang.

6. Ander Herrera

 

Mantan pemain internasional Spanyol U-21 itu merapat pada musim panas ini sebagai bagian dari rencana pembangunan jangka panjang manajer Van Gaal, jadi ada cukup banyak tekanan untuk yang bersangkutan. Di pramusim kemarin, Herrera tampil sangat bagus, namun di debut resmi melawan Swansea City, ia justru gagal memberikan pengaruhnya untuk tim.

5. Rio Ferdinand


Rio Ferdinand tidak terbantahkan lagi merupakan bek tersukses di Inggris menyusul keputusannya hengkang dari Leeds United menuju Manchester United pada musim panas 2002. Pada waktu itu, The Red Devils harus mengeluarkan uang mencapai £29,3 juta untuk mendapatkan jasanya.

Selama 12 musim berada di Old Trafford, Ferdinand tampil kokoh di lini belakang dan sukses mempersembahkan banyak gelar untuk klub yang ia bela sebelum kemudian pindah ke Queens Park Rangers dengan status bebas transfer pada musim panas ini.

4. Luke Shaw

 

Inilah rekrutan muda terkini yang menjanjikan yang didatangkan tim Setan Merah. Nama Luke Shaw tercetak dalam berbagai headline ketika United menuntaskan transfernya setotal £27 juta pada bulan lalu. Di usianya yang baru menginjak 19 tahun, Shaw tampak berpotensi, namun kini ia harus menepi untuk sementara waktu lantaran mendapatkan cedera saat menjalani pramusim di Amerika Serikat.

3. Dimitar Berbatov

 

Di satu sisi dia merupakan pemain brilian, sisi lainnya adalah pemalas yang diberkahi teknik dan skill berkelas.

Dimitar Berbatov sempat menjadi pembelian termahal pihak klub setelah ditebus dari Tottenham Hotspur di angka £30,7 juta pada 2008 silam. Yang bersangkutan digadang-gadang akan bersinar menyusul performanya yang luar biasa sewaktu masih di White Hart Lane, namun tampaknya ia sudah cukup puas untuk mencetak 48 gol dari 108 penampilan di liga dengan sumbangan dua trofi EPL.

2. Juan Mata


David Moyes memecahkan rekor transfer klub dengan mendatangkan Juan Mata dari Chelsea senilai £37,1 juta. Mendarat dengan gaya di pusat latihan klub di Carrington dengan menumpang helikopter, kehadiran Mata belum terlalu memberikan pengaruh signifikan meski di setengah musim kemarin ia berhasil memberikan enam gol dan lima assists hanya dari 15 penampilan. Kontribusi Mata masih ditunggu di gelaran kali ini di bawah arahan Van Gaal.

1. Angel Di Maria

 

Angel Di Maria! Inilah pemain yang memecahkan rekor transfer klub sekaligus menjadi pemain termahal yang pernah tercatat dalam sejarah Liga Primer, mengalahkan catatan transfer Fernando Torres dari Liverpool ke Chelsea sebesar £50 juta.

Seperti diketahui, kubu Setan Merah dipaksa mengeluarkan uang sejumlah £63,9 juta untuk Di Maria - di mana £59,7 juta adalah tebusan resmi dan £4,2 juta sisanya merupakan biaya lain-lain yang dibayarkan ke Real Madrid.

Di Old Trafford, pemain internasional Argentina itu setuju untuk membubuhkan tanda tangannya di lembar kontrak berdurasi lima tahun dan menjadi rekrutan kelima Van Gaal setelah Ander Herrera, Luke Shaw, Vanja Milinkovic dan Marcos Rojo.

Sumber: Goal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar